14/12/2009

Kata-kata Nasihat Kahlil Gibran

Anak kalian bukanlah anak kalian. Mereka putra-putri kehidupan yang rindu pada dirinya sendiri. Berikan pada mereka cinta kalian, tapi jangan gagasan kalian, karena mereka memiliki gagasan sendiri. Kalian boleh membuat rumah untuk raga mereka, tapi tidak untuk jiwa mereka, sebab jiwa mereka adalah penghuni rumah masa depan, yang tidak bisa kalian kunjungi, sekalipun dalam mimpi.

Sering aku membenci demi membela diri; tetapi jika aku lebih kuat aku tidak akan memakai senjata atau kelakuan seperti itu.

Jika engkau dalam kecemasan, hanya kedirian cinta dan kesenangannya yang engkau cari, maka lebih baiklah bagimu menutupi tubuh. Lalu menyingkir dari papan penempaan, memasuki dunia tanpa musim, di mana engkau dapat tertawa, meski tak sepenuhnya. Tempat engkau pun dapat menangis, meski tak habiskan air mata.

Suara kehidupan dalam diriku tidak bisa sampai ke telinga kehidupan dalam dirimu; tetapi Mariah kita berbicara agar kita tidak merasa kesepian.

Jika engkau benar-benar membuka matamu dan melihat, engkau akan menyaksikan bayanganmu dalam semua bayangan. Dan bukalah telingamu, lalu dengarkanlah, maka engkau akan mendengar suaramu sendiri dalam semua suara.

Tuhan telah menyalakan obor dalam hatimu yang memancarkan cahaya pengetahuan dan keindahan; sungguh berdosa jika kita memadamkannya dan mencampakkannya dalam abu.

Ada sesuatu yang lebih agung dan murni daripada yang diutarakan oleh mulut. Keheningan menerangi jiwa-jiwa kami, berbisik ke dalam jantung hati serta menyatukannya. Keheningan memisahkan kami dari diri-diri kami, membawa kami melayari cakrawala jiwa dan mendekatkan kami pada Surga. Keheningan menyadarkan kami pada tubuh tak lebih dari penjara, dan bahwa dunia ini hanyalah sebuah tempat pengasinganmu.