07/11/2010

KERA DAN HYENA

Oleh: Anthony de Mello

Seekor kera dan seekor hyena sedang berjalan melewati hutan.
Hyena itu berkata, "Setiap kali saya lewat semak-semak itu
seekor singa melompat dari dalamnya dan menganiaya saya.
Saya tidak tahu mengapa demikian. '

"Kali ini saya akan berjalan bersamamu," kata kera, "dan
membantumu melawan singa itu."

Maka mereka mulai berjalan melewati semak-semak. Pada waktu
itu singa itu menerkam hyena dan menganiayanya sampai hampir
mati. Sementara itu kera mengamati peristiwa itu dari jarak
yang aman pada sebuah pohon. Ia memanjatnya ketika singa itu
keluar dari semak-semak.

"Mengapa engkau tidak melakukan sesuatu untuk membantu
saya?" keluh hyena.

Jawab kera itu, "Engkau begitu banyak tertawa, saya pikir
engkau menang."


Cerita di atas merupakan bagian dari kumpulan cerita Doa Sang Katak - Anthony de Mello, temukan selengkapnya di sini.