03/11/2010

SIAPAKAH MARUF KARKHI ITU?

Oleh: Anthony de Mello

Seorang murid menemui Maruf Karkhi, Guru Muslim dan
berkata: "Aku berbicara dengan orang tentang diri tuan.
Orang Yahudi berkata, Tuan itu kepunyaan mereka. Orang
Kristen menganggap tuan salah satu santo mereka. Dan orang
Muslim memandang tuan sebagai kemashuran Islam."

Maruf menjawab, "Itu yang mereka katakan di sini, di Bagdad.
Ketika aku hidup di Yerusalem, orang Yahudi menamakan aku
Kristen; orang Kristen Muslim, dan orang Muslim: Yahudi."

"Lalu kami harus berpikir apa tentang tuan?"

"Pikirkanlah aku sebagai orang, yang mengetahui ini tentang
dirinya: "Mereka yang tidak mengerti aku, menghormati aku.
Mereka yang menjelekkan aku, tidak mengerti aku juga."

Jika engkau mengira, engkau itu adalah apa yang dipikirkan
sahabat atau musuhmu, engkau jelas belum mengenal dirimu.


Cerita di atas merupakan bagian dari kumpulan cerita Doa Sang Katak - Anthony de Mello, temukan selengkapnya di sini.