09/11/2007

Change Guy Komik Tentang Perkelahian Jalanan

Change Guy adalah komik Korea tentang perkelahian dan perebutan kekuasaan dikalangan anak sekolahan. Ya.. semacam perkelahian jalanan begitulah.
Tokoh utamanya adalah Kang Tuji yang oleh karena satu penelitian bertukar tubuh dengan Choi Wusu. Tokoh yang bisa bertukar-tukar tubuh ini memang pernah ditemui di Ranma ½, atau lebih dekat pada komik Jepang yang cukup populer, Kyo si mata iblis. Tetapi settingnya berbeda, jika Kyo si mata iblis mengambil setting cerita sejarah masa lalu di Jepang, maka Change Guy ini settingnya adalah lingkungan sekolah masa kini.

Dua kepribadian yang bertolak belakang dan bertukar itu tentu akan mengakibatkan hal-hal baru yang sangat menarik. Awalnya Kang Tuji adalah seorang yang sangat bengal dan jago kelahi, sebaliknya dengan Choi Wusu adalah seorang cerdas yang kutu buku. Kang Tuji ini (yang didalamnya sebenarnya adalah Choi Wusu yang berwatak kalem) mendapatkan tantangan dari Hang Kang Ho untuk menyelesaikan dendam lama, yangmana di masa lampau secara mengenaskan Han Kang Ho pernah dikalahkan habis-habisan oleh Kang Tuji (Kang Tuji asli). Kang Tuji yang belum memiliki keahlian apapun, akibat bertukar tubuh sebelumnya, diberi jatah satu minggu untuk mempersiapkan diri. Dalam perjalanan pulang sekolah Kang Tuji bertemu dengan Yu Sena secara insidensial. Yu Sena ini ternyata adalah putri dari Yu Jinhang yang merupakan penerus jurus rahasia beladiri Gyukmundo. Yu Jinhang sendiri adalah jagoan penerus ke sembilan yang mabuk-mabukan karena belum menemukan penerusnya.

Ketika bertemu dengan Kang Tuji, Yu Jinhang mulai semangat kembali, ternyata Kang tuji memiliki ciri-ciri penerus yang selama ini dia tunggu-tunggu, dan mulailah Kang Tuji melatih jurus aliran Gyukmundo.

Akhirnya pertarungan Kang Tuji dan Han Kang Ho tidak dapat dihindarkan lagi, maka bertemulah kedua petarung itu. Pertarungan pun dilangsungkan dengan seru dan diakhiri dengan kemenangan Kang Tuji, hebatnya dengan kesatria kali ini Han Kang Ho berani mengakui keunggulan Kang Tuji.

Setelah selesai urusan dengan Han Kang Ho, seperti nektar yang selalu diincar kumbang, begitu pula Kang Tuji, selalu diincar masalah. Kali ini yang menjadi biang masalah ialah kepindahan sekolah atlet Guryong yang pindah ke daerah SMA Ginsang tempat Kang Tuji berada. Keberadaan SMU Guryong ini membawa konflik yang tak terhindarkan dengan SMA Ginsang dan sekolah-sekolah lain. Akhirnya terjadilah pula perseteruan antara 4 naga sakti, para jagon kelas atas dari SMU Guryong dengan Kang Tuji.

Singkat cerita akhirnya keluar pulalah seseorang yang bernama Ji Kang Hjuk, pria yang terkenal dengan lambang tengkorak dan hanya menantang Kang Tuji cuma untuk men-tes kekuatannya. Dan kali ini pertarungan kang tuji save by the police… diselamatkan polisi, yang melerai pertarungan mereka. Tetapi pada pertarungan revans pun Kang Tuji dibuat tak berdaya.

Di lain pihak Choi Wusu (Yang di dalamnya adalah kepribadian Kang Tuji asli) sibuk sendiri dengan keadaan barunya, akhirnya dia kembali bertemu dengan Kang Tuji (yang di dalam tubuhnya adalah kepribadian Choi Wusu asli) di rumah sakit. Disana Choi Wusu yang sementara tinggal di jalanan diberi saran oleh Kang Tuji untuk kembali ke rumahnya. Dan dia memasuki rumah tukarannya yang ternyata anak orang kaya, yang sedemikian manja yang disayangai oleh mamanya habis-habisan. Begitulah, mulai saat itu Choi Wusu sekolah di sekolah swasta terbaik tempat orang kaya dan hanya murit pandai saja yang bisa masuk. Di tempat yang baru itu, dia, sesuai watak aslinya, mulai menjadi brandal dan menantang murit-murit yang lain. Anggota-anggota Osis yang penguasa sekolah pun dibuat amburadul. Ketua Osis pun dihantam, maka mulailah Choi Wusu dikerubuti oleh jagoan yang hendak mencoba kemampuannya. Sayang disayang Choi Wusu ini tubuhnya belum terlatih…

Kalau memandang kualitas gambar, komik ini gambarnya bagus, tapi agak kejam memang. Darah dari luka yang keluar saat perkelahian digambarkan dengan cara ekstreem, ya… meskipun tetap digambar komik tetap saja agak-agak sadis, tapi banyak pula yang suka cara penggambaran seperti ini, lebih realistik. Jalan cerita juga asyik, gak membosankan karena…., tetep… dibumbui dengan kekonyolan…

Komik ini meskipun diterbitkan pada tahun 1998 di Korea sana, masih terhitung baru di Indonesia, masih sekitar belasan judul. Jadi silahkan dikoleksi, mumpung masih sedikit masih belum terlalu berat buat dikoleksi.

Judul : Change Guy
Pengarang : Choi Myung-Su dan Son Eun-ho


img source: www.k-manga.net