17/11/2007

Ragam Iklan di Web Site dan Web Blog

Saya pernah menulis tentang iklan di media televisi, sekarang saya akan membahas mengenai iklan di website. Untuk pengertian awal dalam dunia periklanan:


Advertiser
Advertiser ini artinya adalah pengiklan, jadi anda adalah orang yang mengiklan dalam sebuah situs di Internet atau blog. Pemasang iklan ini dapat memasang iklan link atau banner, sesuai kebutuhan, harga dan keinginan. Kepentingan bagi pemasang iklan ini, ya agar produknya dilirik atau pengunjung “ditarik” untuk mengunjungi situs internet si pemasang.
Alasan utama penerbitan iklan ini adalah untuk promosi, “Tidak ada gunanya kalau kita punya situs yang begitu hebat, namun tidak ada pengunjungnya. Karena itu kita harus berpromosi… berpromosi… dan berpromosi…”( 15 Cara menjadi kaya dengan internet, Budhi Kristianto)


Publisher
Publisher ini adalah penerbit, anda adalah seorang yang menerbitkan iklan di web site atau blog milik anda. Sebagai penerbit anda harus mengikuti aturan main tiap perusahaan/ penyedia layanan.


Reffereal
Reffereal adalah anda mempromosikan sebuah situs penyedia layanan dan mendapatkan “earning/gaji” atas informasi yang anda berikan ke pihak ketiga dan informasi itu ditanggapi. Maksudnya anda mencari anggota gitu loh. Biasanya ini ada di situs-situs penyedia layanan traffik dan iklan. Contohnya itu blogrush.


Broker (Assosiate)
Pada iklan assosiate ini, anda langsung menawarkan produk. Dan bila anda berhasil menarik pengunjung untuk membeli produk si bos (rekanan anda), anda akan mendapatkan duit atau imbalan bonus lainnya.


Pada pokoknya ada tiga macam iklan


1. Iklan Gratis
Buat content sebaik mungkin, pelajari SEO dan terapkan, sebar komentar di sana-sini, sisipkan iklan di forum atau milis, atau anda bisa juga menjadi spammer. Bisa juga dengan tukaran banner atau tukeran link (link exchange). Bisa juga dari iklan mulut ke mulut, atau sediakan layanan yang memuaskan dan atau penting.
Dan ada juga situs/forum yang memang menyediakan space untuk iklan gratis atau bahkan situsnya memang sengaja ditujukan bagi mereka yang pengen pasang iklan gratis.


2. Jenis iklan banner dan tekt link
Nah di bawah ini saya akan cerita sedikit mengenai pengalaman mencoba memasang iklan seperti di bawah ini:


ADSENSE
Siapa yang tak kenal adsense, artinya bener-bener newbie. Kalau kata johnchow, anda itu tinggal di dasar bumi. Sadis banget bukan?
Adsense adalah penyedia layanan iklan oleh google. Jelas terpercaya, google gitu loh…
Saya punya satu situs berbahasa Inggris (bukan situs kopi-paste), yang benar-benar gak mutu. Tapi ada Adsensenya, lamaran saya diterima oleh google.
Tapi sayangnya ketika anda pasang adsense di situs yang berbahasa Indonesia, adsense anda yang terpasang adalah iklan layanan masyarakat. Ya, gak papa bila untuk bantu-bantu promosiin orang…
Banyak kejahatan yang dilakukan pada adsense ini, seperti klik fraud, dll. Atau hal-hal yang melanggar TOS-nya google adsense. Hal yang mengerikan bagi para publisher Adsense adalah: Pecat! Bahkan bisa jadi malah alamat situs/blog anda yang di ban. Dan lebih mengerikan lagi adalah: Adsense Indonesia di Banned, karena itu sering ada kampanye untuk menyelamatkan Adsense Indonesia. Dan ada juga yang sering mengatakan, bahwa Adsense itu bukan pekerjaan asal-asalan, kecuali anda tipe orang jenius dan punya segudang ide menarik atau keahlian unik untuk sukses ber-adsense dalam sekejap mata. Perlu juga diketahui Adsense berlaku hanya untuk satu alamat fisik, jadi bila anda buka account baru dengan alamat fisik anda, anda akan ditolak.


Text Link Ads
Sering juga disingkat dengan TLA, Text link ini juga merupakan layanan yang terpercaya dan melihat kualitas website kita. Anda buka account di sana akan langsung disetujui, akan tetapi ketika anda masuk anda akan diminta untuk memasukkan alamat situs. Nah dengan segera, TLA akan mengevaluasi layak atau tidaknya situs anda untuk dipasangi oleh iklan dari TLA ini. TLA ini menyediakan jasa untuk situs/ blog pr 4. Apabila anda dinyatakan tidak layak (seperti saya) anda akan ditawari untuk menjadi member dari AuctionAds, yang merupakan bagian dari TLA itu sendiri, TLA menyebut AuctionAds sebagai my sister.


Adbrite
Adbrite ini juga merupakan broker iklan yang besar, menyediakan jasa bagi beberapa perusahaan besar seperti: Friendster! Friendster (kalo gak tahu friendster, anda pasti orang paling ganteng atau manis atau cantik sedunia) memang menggunakan jasa layanan ini.
Berapa beaya buat pasang iklan di friendster ini? Ini dia data-datanya: friendster.
Mau lihat biaya dari situs lain, obok-obok aja aja site directorynya.
Selain itu Adbrite juga melayani pemasangan situs 1 halaman penuh dan link pada tulisan (text link). Sayangnya iklan jenis ini kalau tidak pandai mengolah sangat-sangat mengganggu pemandangan dan mengganggu user situs anda.
Cara kerjanya gampang, anda ikuti saja langkah-langkahnya, lalu daftarkan situs anda sesuai directory yang anda inginkan.
Setelah beres periksa situs anda di halaman “site directory" lihat apakah anda telah terdaftar pada katagori yang anda inginkan. Anda bisa lihat contohnya di samping halaman kanan blog saya ini, kalau masih ada tulisan advertiser here powered by adbrite anda beruntung telah melihatnya, he.. he.. he... Kalo anda sudah mencoba, saya ucapkan selamat menanti…, semoga penantian anda tidak panjang…


Bidvertiser
Bidvertiser ini hampir sama cara kerjanya dengan Adbrite, hanya saja lebih kecil dan tidak sebaik Adbrite. Saya cukup kesulitan untuk mengetahui apakah tiap pemasang iklan sudah dilist oleh Bidvertiser, atau malah hanya menunggu peminat pemsang iklan dari pengunjung halaman site/blog kita saja. Contohnya bisa di lihat di halaman kaki situs blog ini.
Kalo Anda sudah daftar, baik sebagai publisher atau Advertiser, anda akan diberi gratis 20 Dollar bonus untuk pasang iklan, tapi anda mesti punya kartu kredit dulu buat makenya.


Chitika
Yang ini lebih rumit dan ketat lagi, setelah anda mendaftarkan diri (disebut dengan melamar), anda akan diberikan e-mail yang isinya, “silahkan verifikasi lamaran anda dan tunggu paling lambat 2 hari kerja, kami akan memeriksa situs anda secara manual,” Nah loo….
Dan apabila anda ditolak anda akan dengan manisnya, diberi balasan: “maaf, tampaknya layanan kami tidak sesuai dengan situs anda”, sopan banet bukan?
Jual-Beli link personal/ menempatkan banner
Ada sebagian dari situs besar yang menawarkan untuk menaruh link di situsnya. Jadi anda bisa kontak mereka secara personal, bisa tawar-menawar harga (ada juga yang harga sudah di-flat). Lalu pemilik situs tersebut melink anda dari situsnya. Atau ada juga yang hanya menawarkan penempatan banner.


3. Jenis iklan yang menawarkan produk (affiliasi)

Amazon
Ini adalah toko yang sangat besar di Internet. Awalnya Amazon ini hanya berjualan buku saja tapi lama kelamaan, karena iklim persaingan usaha yang menuntut, Amazon mengembangkan produknya. Amazon bahkan sekarang menjual berbagai macam produk di berbagai sektor, produk kecantikan, baju, video, download MP3, dll.
Amazon ini juga menyediakan Astore, yaitu satu halaman penuh produk affiliasi yang anda dapat pilih sendiri untuk diiklankan, dapat anda integrasikan ke halaman blog/ site anda, atau bisa juga terpisah dengan alamat tersendiri.


AuctionAds
Bila anda ditolak oleh TLA, anda akan diberi kesempatan untuk ikutan AuctionAds. Masuk ke dalam layanan yang diberikan cukup membingungkan, akhirnya cukuplah anda mengisikan keyword pada input keyword dan dapatkan codenya untuk dicopy ke halaman web/blog anda, dan AA akan merandom tampilan iklan. Intinya kalao udah terdaftar diubek-ubek aja sendiri… try and error, kan udah halal…


Widgedbucks
“Ads Suck, We Are no!”, benar-benar provokasi bukan. Saya juga pernah coba-coba masuk ke layanan ini. Awal pertama kali masuk ke Account saya ternyata lambat sekali, tetapi beberapa hari kemudian diberi surat, isinya permohonan maaf dan informasi bahwa layanan telah diperbaiki, akan tetapi ketika sudah coba-coba mengutak-atik widged yang disediakan, dan menuju ke langkah selanjutnya untuk mendapatkan code HTML, malah langsung kembali ke halaman muka dan harus login lagi. Sepertinya widgedbucks ini masih dalam tahap pengembangan, akan tetapi dari tampilan widgetnya benar-benar bagus dan menarik peng;lihatan.


CJ dan E-bay
Sama juga, ini situs menyediakan jasa affiliasi, tapi tampaknya mereka masih alergi sama orang Indonesia, sering dijahati di masa lampau. Entahlah kalau anda benar-benar serius, menurut informasi yang saya baca, mereka ada juga mau memberikan layanan…
Bagi yang kira-kira belum benar-benar mengerti cara pasang code HTML (tampaknya ada yang bakal tersinggung), bisa anda coba pertama kali untuk memasang site meter di halaman situs anda. Di sana langkah-langkahnya jelas dan mudah dipelajari.


Pada dasarnya, langkah-langkah yang mesti dijalankan ialah mendaftarkan diri, verifikasi e-mail, login ke situs pemasang layanan, pelajari, utak-atik sedikit, kemudian cari code HTML, copy paste ke template blog anda. Juga dalam memasang iklan, TOS dari penyedia layanan mesti diperhatikan!!, katanya mereka sering rewel karena ini berkaitan dengan uang dan rentan manipulasi. Juga untuk pengguna wordpress, dari yang selama ini saya baca, penyedia layanan tidak mengizinkan untuk memasang adsense dan sejenisnya di blog site anda itu. Itulah sekelumit dari saya.


Apapun alasan anda dan bagaimanapun hasilnya…
Selamat mencoba, semoga sukses…