03/03/2008

Budhi Kristianto: 15 Cara Menjadi Kaya Dari Internet (lanjutan)

Catatan: tulisan ini merupakan kelanjutan dari tulisan sebelumnya di Budhi Kristianto: 15 cara menjadi kaya dari internet

7.Menjual skill
Pengalaman dan latihan akan mengasah skill. Banyak yang mendapatkan keuntungan dari menjual skill, sebut saja nama-nama pesohor seperti Spielberg, Michael Jordan, juga Maradona. Skill adalah kemampuan spesifik yang dimiliki seseorang dan dibutuhkan oleh orang lain, bisa untuk menghibur atau untuk membantu. Ternyata skill juga bisa dijual di Internet, yang intinya kita mempublikasikan skill di dunia Internet.
TomsHardware.com awal mulanya mereview produk-produk hardware terbaru di situs pribadinya. Akan tetapi lama-lama keahliannya ini diketahui oleh produsen hardware terkemuka, yang ingin men-testdrive produk barunya. Mereka mengirim sampel ke Tom untuk diuji dan hasilnya dipakai untuk melakukan penyempurnaan oleh pihak produsen. Lama-kelamaan, kemudian dia membuat situsnya lebih profesional. Dia merekrut ahli elektronik sebagai stafnya, memasang iklan dan review berbayar di situsnya. Dan sukses.
Ada juga yang bernama Steve, dia 30 tahun lebih menggeluti teknologi kamera digital. Tahun 1997 dia mendirikan Steves-DigiCams.com. Model bisnis yang digunakan Steve untuk mencari uang adalah dengan melakukan review semua produk kamera digital secara mendetail, disertai tip-tip visual tentang kamera digital. Di akhir halaman, pengunjung diberikan pilihan untuk belanja produk yang ia review. Selain itu ia menawarkan toko-toko kamera yang terpercaya yang dapat dikunjungi pengunjung situsnya. Steve mendapat keuntungan dari tiap item terjual oleh rekanannya.

8.Membuat dan menjual soft ware
Ini biasanya maenan penggede, coba lihat Oracle, juga Microsoft, juga Adobe dan Apple. Pemiliknya mendapatkan tempat pada 500 orang terkaya versi majalah Forbes.
Tetapi ada juga individu-individu berotak cemerlang yang sukses membuat software. Shawn Fanning adalah seorang remaja berumur 19 Tahun yang menggegerkan dunia berkat kejeniusannya, tahun 1999 dia mahasiswa baru di Boston’s University. Shawn yang awalnya kesulitan mendapatkan file-file lagu MP3 mendapat ide membuat aplikasi komputer yang memungkinkan pengguna bagi-bagi file dalam hardisk komputernya (MP3) secara online. Aplikasi ini di uplodnya di situs pribadinya Napster.com, napster pun sukses juga meraup keuntungan. Tapi ada yang dirugikan yaitu pihak industri musik, Shawn sempat dipenjara dengan tuduhan pembajakan, tetapi akhirnya dibebaskan atas nama teknologi, dengan syarat menyempurnakan aplikasinya.
Aplikasi sejenis akhirnya muncul seperti Kazaa.com dan bittorrent.com, dan banyak lainnya sampai-sampai tersedia portalnya di zeropaid.com. Mereka mendapat uang dengan memasang iklan pada aplikasi gratisnya atau menjual aplikasi bersih dari iklan untuk versi berbayarnya.
Ada juga Skype, yang memungkinkan komputer menjadi alat komunikasi seperti telephone, Skype ini dibuat oleh Niklas Zennstrom dan Janus Fris, mereka mendapat pemasukan dari join venture capital dengan tawaran sharing saham perusahaan pengembangnya.

9. Menjual jasa di Internet
Di Indonesia, menjual jasa memang belum menjamur. Tapi di luar negeri banyak sekali situs yang memberi dan menjual jasa dengan respon yang cepat. Banyak ide untuk menjual jasa di Internet ini, diantaranya adalah jasa download, jasa terjemahan, jasa desain grafis dan jasa konsultasi.
Jasa download dapat dilakukan dengan mendownload bahan-bahan dari internet dan kemudian memburningnya ke dalam bentuk CD dan bisa dikirim ke pemesan melalui pos. Jasa terjemahan dapat pula ditawarkan melalui internet, dengan memanfaatkan keahlian berbahasa asing atau dengan menggunakan tools seperti trans tool atau mesin penerjemah google.
Jasa desain grafis merupakan peluang bagi peminat dunia desainer, dan orang-orang yang memiliki kemampuan bekerja dengan Corel Draw, PhotoShop, Flash, AnimationShop, maupun AutoCAD. Satu contohnya adalah sam-design.com yang melayani perusahaan seperti Coca-cola dan Garuda Indonesia. Client mereka trans nasional dari Australia sampai Amerika Serikat. Membuka jasa konsultasi bagi yang ahli di bidang tertentu juga bisa dilakukan di Internet, di situs luar kita dapat temukan virtual-lawyer.net yang memberikan jasa konsultasi hukum pada client mereka.

10.Menjual data di internet
Menjual data dapat dilakukan secara legal ataupun ilegal. Perusahaan terkenal yang menjadikan data sebagai komoditi diantaranya dalah Nielsen Media Reserch (NielsenMedia.Com, Accenture). Komoditi yang dijual mereka adalah data hasil survey yang dikerjakan oleh mereka. Contoh data yang dijual adalah rating acara televisi ataupun data-data suatu industri, yang penting untuk menjalankan strategi bisnis.
Perusahaan lain yang juga menjual data adalah JobsDB.com. Yang mereka jual adalah data-data para profesional yang mencari pekerjaan. Selain itu mereka juga “menjual” data-data lowongan pekerjaan kepada para member yang notabane merupakan pencari kerja yang memiliki kualifikasi diatas rata-rata.
Model bisnis lainnya adalah menjual data dengan kerjasama pihak telekomunikasi. Betawi.Net melalui GilaBola.Com menyediakan data up date terbaru dari hasil liga sepakbola Internasional dan juga Formula 1. Pemasukan mereka didapatkan melalui bagian rupiah dari pulsa yang pelanggan mereka keluarkan untuk mengikuti kuis-kuis tentang sepak bola dengan hadiah menarik yang mereka selenggarakan.

11.Game
Game merupakan sebuah industri, pemain besar didunia yang dapat disebut adalah Electronic Art, Bizzard, Atari, Nintendo, Konami, Sega, Sony, dan Microsoft. Game-game produksi mereka laris di pasaran.
Selain itu ada juga mobile game, yang game-nya dapat diinfant ke dalam mobile gadged seperti pada ponsel dan PDA. Apalagi untuk jenis-jenis gadged yang paling mutahir.
Di Indonesia sendiri yang cukup berkembang adalah Ragnarok (ragnarok.co.id). Tapi bukan sebagai produsen, melainkan menjual jasa game onlinenya. Pendapatan game online ini dari menjual voucher yang disebut voucher Lyto. Untuk voucher 2.500 rupiah kita dapat bermain 2 jam, 5000 untuk 5 jam, 10.000 untuk 12 jam, 20.000 untuk 7 hari dan 65.000 untuk 30 hari.
Ada juga model bisnis dengan berjualan game mobile, seperti pada IguanaSMS.Com. Untuk game computer dapat disebut adalah elexmedia.co.id dengan game pendidikannya, juga game produksi mataharistudio.com. Bisa juga menjual karya pibadi pada perusahaan yang tertarik dengan game bikinan kita.

12.Menjual ide gila
Disini ditunjukkan suatu contoh ide gila yang aplicable dan terbukti, ide yang sebelumnya dilecehkan malah mendapatkan hasil yang berlimpah. Contoh fenomenal adalah Alex Tew, saat berumur 21 tahun mendirikan milliondollarhomepage.com. Karena kepepet untuk uang kuliah dia membuat satu situs di internet dan membagi menjadi 1juta pixel. Setiap pixel dijual US$ 1 dengan minimal pembelian 1 blok (10x10 pixel). Dan laku! melalui WOM (word of mouth alias dari mulut ke mulut), total uang yang didapatnya US$ 1.037.000 atau setara dengan 9,85 Milliar rupiah. Bahkan ide ini sudah coba diadaptasi oleh orang Indonesia dan Malaysia.
Ada juga situs yang dapat dijadikan tempat menjual ide, yaitu di NewIdeaTrade.com. Situs ini merupakan tempat jual beli ide kreatif dari seluruh dunia. Kita hanya perlu mendaftar sebagai anggota, dan dapat langsung menjual ide kreatif. Situs ini juga menyediakan jasa pengurusan hak paten sehingga ide kita di lindungi hukum.

13.Mendulang uang dari forum
Banyak nama besar forum tempat berdiskusi di tanah air, dengan berbagai macam topik. Tapi kebanyakan forum di Indonesia adalah forum geratis, hanya perlu mendaftar sebagai member untuk ikut serta menjadi anggota komuitas.
Tapi di luar negeri terdapat banyak forum yang berbayar (paid forum), yang kebanyakan merupakan forum untuk anggota yang spesifik misalnya orang-orang dari dunia Industri musik, kebidanan atau bidang ilmu lain yang cukup serius. Contohnya pada DNForum (forum mengulas domain name), untuk menjadi member tidak dipungut biaya, tapi untuk ambil bagian ditopik-topik istimewa, keanggotaan mesti diupgrade dengan membayar sejumlah uang selain dapat juga menggapgrade sesuai dengan poin yang didapat (mata uang forum). Pada Dnforum member bronze dapat mengupgrade ke member gold dengan biaya US$ 15,95 , dari bronze ke platinum dengan biaya US$ 50,95 , dari broze ke exclusife dengan beaya US$ 400,95. Jumlah member situs ini 24 ribu orang dengan 9 ribu di antaranya mengupgrade membershipnya.
Untuk membuat forum diskusi, sebaiknya menggunakan jasa perusahaan yang teruji dalam mengelola forum, salah satunya Vbulletin.com. Vbulletin menawarkan 2 macam kepemilikan, owned license dan leased license. Owned license memungkinkan digunakan Vbulletin secara bebas seperti milik kita sendiri. Leased License mengharuskan membayar sewa sebesar US$ 85 yang harus diperbaharui setiap tahunnya.

14.Mendulang uang dari mailing list
Pada layanan mailinglist, member mailinglist akan menerima email berisi posting dari member lainnya. Setiap kali ada member yang mengirimkan posting, suka atau tak suka, semua akan menerima email posting dari member lain. Jika tidak suka dapat langsung di delete, jika subjek email menarik member akan membuka dan membacanya. Layanan yang paling terkenal adalah Yahoo Groups.
Cara untuk menarik keuntungan adalah dengan menentukan model bisnis, ditujukan untuk menarik pengunjung melihat iklan atau membeli langsung barang yang kita tawarkan melalui milis.
ITCenter.Or.Id misalnya, menyediakan milis dengan layanan dari Yahoo Groups. Moderator milis ini cukup aktif dalam memblock iklan yang disisipkan para member, dan menyediakan tempat sendiri untuk pasang iklan di ITCenter.Or.id/Sponsorship.
Cara yang kedua adalah mengizinkan member mengirimkan posting berisi promosi atau iklan, biasanya iklan teks, hanya saja tiap pengirim dikenakan biaya.
Mailinglist harus dijaga agar tetap eksis, dengan memelihara diskusi, sehingga traffick message cukup banyak. Dan mesti dimoderatori agar topik tidak melenceng dari jalur yang telah ditentukan.

15.Menjadi milyarder dari hobi
Nah bila anda memiliki hobby dan ternyata bisa dijual mengapa tidak? Contoh suksesnya di sini adalah Tomshadware.com yang berawal dari hobi mengutak-atik elektronika. Ada juga Card-trick.com, di situs yang juga membahas tentang sejarah kartu dan hal-hal unik disekitar permainan kartu, satu trik permainannya dijual 9 sampai 10 poundsterling.
Bagi yang hobi fotografi, ada situs ThePhotoMarket.com yang menjual foto hasil jepretan si pemilik kamera. Ada juga yang menyalurkan hobinya melalui website dan ujung-ujungnya mendapatkan hasil yang menguntungkan, yaitu Matt York dengan videomaker.com nya.
Selain itu Perry Mohey seorang manik mainan, 28 Tahun, telah memiliki berbagai koleksi mainan yang lengkap menggunung. Dengan situs yang konvensional di TheToyExchange.com dan juga dengan menawarkan di eBay ia menjual mainannya. Perry tidak mengambil keuntungan terlalu banyak tetapi sudah mendapatkan kepuasan melalui jaringan teman-teman sehobi dan mainannya pindah ke tangan orang yang sehobi dengannya.
Ada juga ChocAid.com, situs ini didirikan oleh mereka yang hobi makan coklat. Tapi mereka tetap ingat bahwa banyak orang lain yang tak sempat menikmati apa yang mereka nikmati selama ini. Mereka akhirnya berjualan coklat secara online dan sebagian keuntungan disisihkan untuk membiayai program-program kemanusiaan di Afrika, untung secara materi juga puas secara batin.


Begitulah selayang pandang, pada intinya buku ini semacam acuan awal dan dasar bagi anda yang ingin mengetahui seluk beluk bisnis di Internet.
Untuk anda yang membutuhkan informasi lebih lanjut dan lebih luas, silahkan dibeli bukunya di toko buku terdekat. Kalau gak ada cari ke tempat lain. He.. he.. he..

Data buku direview:

Judul : 15 cara menjadi kaya dari internet
Penyusun : Budhi Kristianto
Penerbit : Penerbit Gava Media Yogyakarta
Cetakan : Pertama 2006
Halaman : 221 hal
Buku : 21 x 13,5 cm