03/06/2008

blog penulis -buku- Indonesia; Mereka Bilang Saya Blogger!!


Dunia blogger sangat dekat dengan dunia kepenulisan. Selama ini kita mengenali penulis dari karya-karyanya yang telah dibukukan, selebihnya adalah tanggapan dan perkiraan kita semata dari apa yang disampaikan melalui tulisan-tulisan mereka.
Langsung saja, sekarang mari kita mengenal lebih jauh kehidupan penulis melalui blognya. Saya list secara acak. Spesial untuk anda…

Djenar Maesa Ayu
Djenar, bukan namanya saja yang hampir sama dengan seseorang yang penuh kontroversi dalam keagamaan, Syaikh Siti Djenar Jenar yang satu ini juga merupakan seorang yang penuh kontroversi, tapi sebagai penulis. Karir asalnya adalah seorang wartawati, menulis banyak cerita pendek di berbagai media massa (sastra koran) yang dibukukan dalam buku “Jangan main-main dengan kelamin”. Selain itu karyanya yang cukup populer adalah: “Mereka Bilang Saya Monyet”, sekarang sudah difilmkan. Ibu yang satu ini sempat menjadi buah bibir pada masanya, sempat dikatakan pengusung mazhab GSM.
Healah, kalau sudah ngeblog begini teriakannya seharusnya berubah menjadi: “Mereka Bilang Saya Blogger!!!”

Joko Pinurbo
Joko Pinurbo ini seorang penyair dengan syair yang lucu-lucu. Tetapi dibalik syairnya yang liris dan lucu-lucu itu terdapat pesan moral dan kaya makna. Lihat saja judul-judul bukunya: “Telepon Genggam”, “Kekasihku”, “Pacar Senja”, “Kepada Cium”, serta “Celana Pacar Kecilku di bawah Kibaran Sarung”. Dari judulnya saja sudah terbayang kelezatannya.
Menjuari KLA Awards tahun 2006 lalu lewat buku antologi puisinya “Kekasihku”, dan buku puisinya “Kepada cium” ikut dinominasikan di KLA Awards tahun 2007 kemarin. Dari beberapa sumber yang pernah saya baca, Joko Pinurbo ini berperawakan kurus dan tampil bersahaja, tetapi orang akan segera menemukan kekuatan auranya ketika bertemu.
Joko Pinurbo ini juga merupakan seorang editor di biro naskah Gramedia sambil menjadi volunter di beberapa lembaga partikelir. Dia memiliki dua buah blog: jokpin.blogspot.com untuk esai dan celanasenja.blogspot.com untuk kumpulan puisi.

Eka Kurniawan
Artikel terbaiknya pada blognya menurut saya adalah artikel ini. Sangat inspiratif, sangat menarik dan juga sangat memprofokasi.
Beliau juga merupakan seorang desainer, dulu waktu kuliah di Filsafat UGM sempat menyalurkan naluri kreatifitasnya di atas kaus oblong. Saya terus terang suka sekali dengan template dan layout Alice in Wonderland blognya ini, ngiri juga, kalo dibanding-bandingkan blog saya jadi kelihatan jelek abis. Oom Eka Kurniawan, yang kelahiran 1975 ini pernah membuat situs bumimanusia.Com yang sekarang sudah tidak aktif lagi. Karya novelnya yang terkenal adalah “Cantik Itu Luka”. Saya beberapa kali mengunjungi blognya, dan benar-benar saya jelajahi karena menurut saya contentnya top abis.

Hasan Aspahani
Hasan Aspahani ini sudah lama ngeblog di Blogspot (he..he..he.. sama Om, kita satu rumah…). Beliau ngeblog dari tahun 2002, sudah senior neh. Dan nama yang dipakai untuk alamat blognya adalah sejuta-puisi.blogspot.com.
Beliau ini karya-karyanya telah dimuat di Kompas, Koran Sindo, Tempo, Jawa Pos dan sebagainya. Juga menerbitkan berbagai buku seperti “Antologi puisi digital Cyberpuitika” dan “Dian Sastro for President #2”. Beliau juga pemimpin harian Pos Metro Batam.
Dalam blognya yang di up date-nya secara konsisten sejak tahun 2002 itu, terdapat banyak sekali puisi dan esai karyanya, terutama esai-esai yang membedah dan membahas puisi.

Ook Nugroho
Beliau sudah mempublikasikan puisi-puisinya sejak tahun 1980-an, termasuk di majalah Horison, Basis dan Jurnal Kalam. Buku-bukunya termasuk antara lain “Gelak Esai dan Ombak Sajak” (2001), “Puisi Tak Pernah Pergi” (2002), “100 Puisi Indonesia Terbaik” (2008). Tahun 2002 sebuah puisinya memenangkan SIH Awar dari Jurnal Puisi.
Nama-nama lain yang ikut ngeblog adalah Ratih kumala, Wayan Sunatra, dan agus noor.

Jonru
OOm yang satu ini selain ngeblog juga punya banyak situs lain, sebut saja yang cukup populer ialah belajarmenulis.com dan penulislepas.com. Penulis lepas ini adalah sekolah menulis secara on-line. Mungkin saja ini merupakan niat tulus dari Oom untuk menularkan ilmunya, Oom yang juga gemar mendesain situs ini.
Di Blognya yang berwarna hijau lumut itu dia bercerita tentang kehidupan, pekerjaan, masalah-masalah dan bagaimana dia mengatasinya (terakhir ada peristiwa clash dengan Koran Tempo). Sayang sekali, di blognya itu ada beberapa bagian yang agak terdengar cerita-cerita dan curahan hati yang terkadang menyedihkan dan kadang meledak-ledak, khas orang Sumatra Utara. Tapi tetap baguslah, untuk berbagi perasaan dan pengalaman hidup. Oh ya, Jonru itu nama alias buat Jonriah Ukur Ginting, Sumut banget kan nama aslinya.

Gola Gong
Karya spektakuler Gola Gong adalah perjalanan Asia, yang merupakan kumpulan ceritanya ketika melancong keliling Asia dengan menunggangi sepeda. Karya ini merupakan rangkuman dari jurnal perjalanan yang diterbitkan berkala oleh majalah Aneka Cemerlang. Tiga tahun ia di Fakultas Sastra UNPAD, kemudian cabut, dan menggelandang ke kota-kota di tanah air. Pada 9 September 1991 ia terbang ke Pontianak. Lima hari kemudian dia menginjakkan kaki ke Kuching Sarawak. Lantas ke jazirah Malaysia, Thailand, Laos, Myanmar, Bangladesh, Nepal dan Pakistan. Sebelum meloncat ke Eropa, ada satu permasalahan yang menyebabkannya terpaksa pulang ke tanah air. Dan perlu diketahui, perjalanannya dibiayai oleh honornya dalam menulis artikel-artikel perjalanannya itu.
Sekarang ikut mendirikan Rumah Dunia dan menjadi blogger pula.

Helvy Tiana Rosa
Saya ringkas dari Wikipedia, Ia dilahirkan di Medan 2 April 1970, Merupakan sarjana dari Fakultas Sastra UI. Gelar masternya diperoleh dari Jurusan Ilmu Sastra, Fakultas Ilmu Budaya, UI. Kini juga ketua majelis penulis Forum Lingkar Pena, Direktur LP Publishing House, Dewan Pertimbangan Balai Pustaka dan anggota ahli Majelis Sastra Asia. Helvy Tiana Rosa merupakan mantan redaktur dan pemimpin redaksi majalah Annida (1991-2001). Juga merupakan pendiri dan ketua Umum FLP (1997-2005) mantan sekretaris DPH-DKJ (2003) dan anggota Komite Satra DKJ (2003-2006). Sehari-hari sebagai dosen di Jurusan Bahasa dan Satra UI. Dia adalah seorang sastrawan, motivator penulis, editor dan dosen. juga blogger.
Banyak bukan aktifitas dan jabatannya? Bukunya pun banyak, sekitar 40-an judul, yang paling saya ingat itu adalah “Ketika mas gagah pergi’ dan “Bukan di negeri dongeng”.

Asmanadia
Jujur saya tidak begitu kenal dengan nama ini, tapi beliau ini disebut-sebut sebagai salah seorang yang juga kompeten dalam “Sastra Islami”. Namanya sering disandingkan dengan Helvy Tiana Rosa. Untuk mengenal beliau lebih dekat anda dapat mengunjunginya di sini.
Ada lagi nama-nama lain seperti O.Solihin dan Rinurbad yang ngeblog, tapi lagi-lagi saya gak begitu mengenal karya-karya mereka. Ya, maap.

Pipiet Senja
Nama Pipiet Senja sering terpampang juga pada pada buku Sastra bertema Islami. Selama ini saya memang sesekali membaca karyanya. Tetapi yang saya paling tertarik dengan nick name-nya ini. Pipit Senja, lucu juga, langsung membawa imajinasi ke burung-burung kecil yang mengepakkan sayap pulang ke sangkar di sore hari. Ada apa dan apa yang dimaksud dengan “Pipit Senja” langsung saja, anda bisa menghubunginya dan menanyakan sendiriu di blog ini.

Andre Hirata
Andre Hirata terkenal dengan tetraloginya, “Laskar Pelangi”, ‘Sang Pemimpi”, “Endensor”, serta “Maryamah Karpov". Pernah hadir di Kick Andi MetroTV. Tulisannya memberikan inspirasi positif mengenai dunia pendidikan di tanah air. Beliau menulis novel yang pertama –dikerjakan dalam waktu singkat menurut pengakuannya- dan langsung laris manis di pasaran, sekarang malah dalam tahap penggarapan ke layar lebar. Cerita-cerita dalam novelnya berdasarkan kisah hidupnya, dia bercerita tentang kehidupan masa kecilnya di daerah terpencil di Provinsi Bangka-Belitung di tengah tambang timah. Hidup dalam kesederhanaan, seorang gurunya, Ibu Fatimah, memberikan inspirasi dan keberanian baginya untuk bercita-cita. Akhirnya cita-cita tersebut terwujud, Kuliah di Luar negeri dan keliling dunia. Dimana ada keinginan di situ ada jalan, mungkin ini inti dari ceritanya ini, maka bermimpilah dan dengan perjuangan mimpi itu (harapan yang tinggi bahkan mirip khayalan) akhirnya bisa jadi kenyataan…
Blog Andre Hirata ini mengambil nama kampung kehalamannya, sastrabelitong.multiply.com, kebanyakan isinya adalah cerita kegiatanya di berbagai acara dan talkshow.

Raditya dika
Juga penulis kolom di bukune. Sebenarnya ia adalah seorang penulis blog yang dibukukan, tapi karena bukunya best seller maka dia dapat dikatakan sebagai seorang penulis buku. Karya-karyanya dapat dikatakan sebagai karya pin-pin bo (pintar-pintar bodo), karya humor yang gila-gilaan. Judul-judul bukunya pun sungguh bisa mencerminkan tulisannya: “Kambing Jantan” kalau saya boleh bayangkan kambing jantan ini adalah bandot yang jarang mandi tapi hobby “ngepek” lawan jenisnya. Juga “Cinta Brontosaurus”, mengingatkan pada virus brontox yang benar-benar meraksasa dan merontokkan sistem komputer. Juga “Radikus Makan Kakus”, atau yang terakhir “Babi Ngesot”, saya belum beli bukunya tapi saya bayangkan kalo suster ngesot menakutkan nah kalo babi ngesot tentu sungguh jenaka. Penggemarnya tentu saja kebanyakan dari kalangan remaja.

Adithya Mulya
Pasti anda tahu kata-kata Jomblo. Dulu ada acara reality show, katakan cinta. Sangat mempopulerkan kata Jomblo ini dengan jargon Hight Quality Jomblo-nya. Ada juga sinetron Jomblo yang ditayangkan mengikuti keberhasilan film Jomblo, yang di filmkan mengikuti keberhasilan novel Jomblo. Penulisnya adalah Adithya Mulya, selain menulis “Jomblo” dia juga menulis “Gege Mencari Cinta” yang tidak terlalu populer. Tapi ada teman saya yang menyukai novel ini, dia angkat topi atas kepandaian si pencerita menceritakan seluk beluk dunia entertaintment dalam novelnya ini, sedangkan pengarang sendiri merupakan lulusan teknik sipil. Blognya bertajuk SuamiGila Silahkan anda bandingkan tulisan-tulisan di blog ini dengan tulisan istri bawel. Mana yang lebih ancur?

Indari Mastuti
Indari Mastuti ini sempat menulis teenlit yang gokil, “Gendut siapa takut” dan “Makanya jangan sok seksi”. Tapi sekarang mbak Indari Astuti ini sudah menikah dan tema kepenulisannya pun sudah berubah. Nama-nama penulis yang juga terkenal di genre teenlit adalah Kinoysan yang juga punya blog.


Catatan: Untuk memudahkan pembacaan dan optimasi space, tulisan ini saya lanjutkan ke: Blog dan Situs para penulis (buku) terkenal Indonesia