10/05/2008

Setelah UU ITE, apa yang terjadi pada “Situs Dewasa” anak negeri?

Setelah keluar UU ITE yang kabarnya disertai dengan ancaman yang membuat nyali jadi ciut itu, konon kabarnya banyak situs yang melakukan pelunakan (pemugaran atau pembersihan) content-content yang mungkin bisa menyeret mereka ke masalah hukum. Sekarang, setelah kejadian itu berlangsung hampir sebulan lebih, apa yang sekarang terjadi dengan situs mereka. Saya penasaran, dan mencari kabarnya di Alexa.

Mari kita simak kembali melalui Alexa:


Gambar peta visitor bluefame.com duniasex.com, bintangmawar.com, mainmata.net dan Libidow.com

Nah, dapat dilihat ternyata situs-situs besar tersebut mulai berguguran. Saya jadi merenung lagi, kemana ya kira-kira mereka-mereka yang bergelut di bidang tersebut menyalurkan “kreatifitas”nya?

Ups inilah dia, saya pun mengecek di Alexa, ada satu situs baru yang muncul di daftar top 100 mereka, dan itu adalah BB17.info, sebenarnya BB17 (buka-bukaan 17 Tahun) adalah bagian yang terintegrasi dari Kaskus.us, dan karena ada UU ITE, sepertinya terjadi suatu improvisasi dan memecah situs ini menjadi dua. Silahkan dipantau kembali di Alexa:


Gambar peta visitor kaskus.us dan bb17.info

Terlihat jelas bukan, peralihan jumlah traffiknya? Seperti kue yang diiris dan dipindahkan ke piring lain.
Teori ekonomi mengatakan bahwa supply berbanding lurus dengan demand. Dan dimana ada keinginan di situ ada jalan, so efektifkah ITE?