10/05/2008

Melihat dan Membahas Persaingan Google Vs Yahoo dan Antar Situs Berita Nasional

Nah kegiatan yang juga mengasyikan di alexa itu ialah melihat persaingan antara Yahoo dan Google, keliatan banget kalo dua mesin cari ini sangat bersaing, begitu trafik google menanjak malah yahoo yang semakin turun.

Gambar peta persaingan antara yahoo dan google dikutit oleh live.com

Apa artinya grafik di atas? Sederhana saja, mereka berbagi pasar yang sama! tidak terlalu banyak lonjakan berarti, alias sudah hampir pada posisi status quo. Gawat juga bukan, bila terjadi merger antara Yahoo dan Google, bisa-bisa terjadi monopoli. Tetapi bila ternyata yang merger adalah Yahoo dan Microsoft, semoga terjadi persaingan yang sehat. Dan, bisa saling berlomba memperbaiki layanan demi kepuasan konsumen.

Ada lagi yang asyik, yaitu membandingkan situs-situs berita populer di Indonesia, seperti situs berita liputan6.com, okezone.com, dan detik.com, MetroTvnews.com, kompas.com, siapa pemenangnya? Liat aja sendiri:

Gambar peta persaingan antara detik.com, kompas,com, metrotvnews.com, okezone.com,liputan6.com.

Dari grafik ditunjukkan bahwa situs Detik masih menempati posisi teratas. Detik belum tergantikan. Rata-rata pengunjung situs menampakkan naik-turunnya pengunjung secara tajam, ini menunjukkan bahwa sebenarnya meraka masih terus bersaing, situasi panas.
Yang menarik adalah, Detik masih merupakan salah satu situs yang tidak melakukan differensiasi media, dia fokus pada media berita teraktual di internet, ternyata situsnya menghasilkan berita temporer aktual yang masih disukai pelanggan dibandingan dengan situs lain meskipun sekarang dalam posisi terancam (Kompas terlebih dahulu sebagai koran harian, Liputan6 dan Metrotv merupakan media berita televisi, Okezone punya tulang punggung MNC yang memayungi perusahaan TPI, RCTI dan GlobalTV).
Dari statistik itu, ada juga yang perlu dicermati yaitu pengunjung metroTV terbilang lebih kecil daripada situs-situs lainnya, saya kira mengingat bahwa source berita dari situs ini semestinya sangat kompeten (jaringan TV khusus berita, metroTV), seharusna materi informasi tidak menjadi masalah dan mampu bersaing, karena itu saya prediksi ini diakibatkan karena penggunaan nama domain yang terlalu panjang dan tidak simpel. Oleh karena itu ternyata nama domain, bagi pengembang situs/blog, terbukti masih sangatlah mesti diperhatikan.