03/11/2010

ENGKAU ITU SIAPA?

Oleh: Anthony de Mello

Wanita dalam sakratulmaut menghadapi ajalnya. Ia tiba-tiba
merasa, bahwa ia dibawa ke surga dan berdiri di muka Takhta
Pengadilan.

"Siapa engkau itu?" kata suara kepadanya. "Aku ini istri
lurah," jawabnya. "Aku tidak bertanya kepadamu, engkau istri
siapa, tetapi engkau itu siapa?" "Aku ini ibu empat orang
anak." "Aku tidak bertanya, engkau ibunya siapa, tetapi
siapa engkau itu?" "Aku ini guru di sekolah." "Aku tidak
menanyakan pekerjaanmu, tetapi siapa engkau itu."

Dan demikianlah seterusnya. Tidak peduli apa yang menjadi
jawabannya, rupanya itu bukan jawaban yang memuaskan
terhadap pertanyaan: "Engkau itu siapa?"

"Aku ini seorang Kristen." "Aku tidak menanyakan agamamu,
tetapi engkau itu siapa." "Aku ini seseorang, yang tiap hari
pergi ke gereja dan selalu membantu orang miskin dan orang
dalam kesulitan." "Aku tidak menanyakan perbuatanmu, tetapi
siapa engkau itu."

Ia jelas gagal dalam ujian, oleh karena itu ia dikirim
kembali ke dunia. Ketika sembuh dari sakitnya ia berniat
menemukan siapa dia. Dan itulah yang membuat segalanya
berbeda sama sekali.

Tugasmu itu berada. Tidak menjadi seseorang atau bukan
apa-apa - sebab disitu ada keserakahan dan ambisi - tidak
menjadi ini dan itu; - dengan demikian menjadi bersyarat -
tetapi hanya ada saja.


Cerita di atas merupakan bagian dari kumpulan cerita Doa Sang Katak - Anthony de Mello, temukan selengkapnya di sini.