06/11/2010

TUKANG SIHIR DAN NAGA

Oleh: Anthony de Mello

Pada suatu zaman di negeri Cina adalah seekor naga raksasa
yang berkeliaran dari desa ke desa membunuh sapi, anjing,
ayam dan anak-anak tanpa pandang bulu. Maka orang-orang desa
menemui seorang dukun untuk minta bantuan di dalam kesusahan
mereka. Dukun itu berkata, "Saya sendiri tidak dapat
membunuh naga itu, karena meskipun saya adalah seorang
dukun, saya sangat penakut. Akan tetapi saya akan mencari
orang untuk menolong kalian."

Setelah itu ia mengubah diri menjadi seekor naga dan
menempatkan diri pada suatu jembatan, sehingga semua orang
yang tidak tahu bahwa naga itu sebenarnya adalah sang dukun,
takut untuk lewat. Pada suatu hari, seorang pejalan sampai
ke jembatan itu, dengan tenang menginjak naga itu dan terus
berjalan lewat.

Dengan segera dukun itu berubah lagi menjadi manusia dan
memanggil orang itu, "Kawan, datanglah ke mari. Sudah
berminggu-minggu saya berada di sini menunggumu! "

Orang-orang yang sudah mengalami penerangan batin tahu
bahwa rasa takut terletak pada cara engkau memandang
sesuatu, tidak pada sesuatu itu sendiri.


Cerita di atas merupakan bagian dari kumpulan cerita Doa Sang Katak - Anthony de Mello, temukan selengkapnya di sini.