24/03/2015

Contoh Ceramah Maulid Nabi (1) - oleh Anak Sekolah


Pertama-tama marilah kita bersama-sama dalam kesempatan ini, dalam suasana memperingati kejadian yang agung yaitu Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, marilah kita mengungkapkan puja beserta puji syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan atau melimpahkan kepada kita semua ni’mat-ni’matnya terutama ni’mat iman dan Islam beserta umur yang panjang.

Keduakalinya salawat beriring salam tak lupa kita alamatkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW, tidak ketinggalan para Keluarga beliau, Sahabatnya, Tabiin-tabiinnya semenjak sekarang sampai akhir zaman.

Kita memperingati maulid Nabi Muhammad SAW di masjid yang penuh barokah Allah SWT ini, guna lain dan tak bukan hanyalah untuk lebih mengenal Biografi Beliau semenjak Beliau lahir sampai Beliau wafat.
Sedangkan Biografi orang Barat atau orang Timur, banyak kita ketahui atau kita hayati. Sesungguhnya itu adalah kesalahan yang sangat besar. Kalau dia seorang Muslim atau Muslimah hendaklah ia lebih dahulu mengenal Biografi junjungan kita Nabi Muhammad SAW.

Oleh karena itu dalam kesempatan ini saya akan menyampaikan Sejarah Ringkas Biografi Beliau atau sejarah hidup pimpinan Dunia dan Akherat, Rasulullah SAW.

Nama Beliau adalah Saidina Muhammad bin Abdullah, dan nama Ibunya Amina Binti Wahab. Beliau dilahirkan di Kota Suci Makatul – Mukarrama pada tanggal 12 Rabiul Awal, hari Senin. Beliau Hijrah hari Senin, Beliau sampai di Kota Madinah hari senin, Beliau mengangkat Hajjar Aswat hari Senin, jadi alangkah mulianya hari senin tersebut.

Beliau adalah anak yatim yang ditinggal oleh Ayah-nya selagi Beliau masih di dalam kandungan Ibu-nya. Setelah Beliau berumur enam (6) tahun maka wafatlah ibunya. Lalu beliau dipelihara Kakek-nya Abdul Mutallib. Setelah Kakek-nya meninggal lalu Beliau dipelihara oleh Paman-nya Abu Tallib.

Ketika Beliau berumur 12 tahun Beliau diajak berjual beli ke Negeri Syam yang mana sekarang dinamakan Negeri Timur Tengah. Pada waktu mudanya Beliau memelihara kambing dan di waktu kecilnya Beliau sangat dimuliakan oleh Teman-temannya dikarenakan akhlaknya yang mulia dan baik.

Setelah Beliau berumur 25 tahun maka Beliau melangsungkan pernikahan dengan seorang Perempuan yang bijaksana dan kaya raya, berbudi pekerti yang baik, serta keturunan yang suci ialah Siti Khodijah Al-Qubra Radiallahuanha.

Beliau berumah-tangga selama hayatnya penuh dengan ketentraman. Itulah yang dinamakan rumah tangga yang harmonis dalam Agama Islam.

Adapun anak Beliau dengan Siti Khodija Al-Qubra Radiallahuanha berjumlah 6 orang, nama-nama mereka ialah:
1. Saidina Kasim
2. Abdullah
3. Saidatina Fatimah
4. Rugai’ya
5. Umi Kalsum
6. Zainab

Adapun anak Beliau dengan Mariatul kibtia ada 1 orang, yang bernama Saidina Ibrohim. Jadi jumlahnya tujuh orang. Setelah Beliau berumur 40 tahun, Beliau diangkat menjadi Nabi dan Rasul untuk menyampaikan wahyu Tuhan-nya kepermukaan bumi ini yang berdasarkan Al-Quran dan sunah-sunah nya.
25 tahun lamanya Beliau menjalankan tugasnya, siang dan malam beliau mengorbankan dirinya, jiwa dan raganya, harta-benda nya.

Setelah sempurna menyampaikan Al-Quran 30 juz ke permukaan bumi, Allah SWT menyudahi perintahNya dengan firman:

[Q.S. Al-Maidah : 3]

Artinya : Hari ini telah Kusempurnakan untuk-mu Agamamu dan telah Ku sempurnakan ni’matKu untuk mu dan Kuredoi Islam agama-mu.

Setelah Beliau berumur 63 tahun, Beliau dipanggil ke Rahmatullah. Dan beliau wafatnya pada tanggal 12 Rabiul Awal juga, di Kota Madina Munawara. Beliau tidak meninggalkan warisan harta bendanya, sampai satu jarum pun tidak, apa lagi yang lainnya.

Akan tetapi warisan Beliau yang tetap kekal dan abadi dari sekarang sampai akhir zaman ialah Al-Quran dan sunah-sunahnya.

Mudah-mudahan kita selaku Umat Islam, akan memegang teguh 2 warisan tersebut. Dan mudah-mudahan kita mendapatkan syafaat-nya kelak di Padang Mashar.

Amin-amin Allahumma amin.