05/01/2008

Shu Akana & Shinji Makari: Yugo The Negotiater


Saya suka sama komik yang satu ini, menurut saya ini merupakan komik yang cukup menarik. Komik ini merupakan komik berseri yang tiap cerita biasanya diselesaikan di tiga buku. Tiap-tiap cerita merupakan kisah Yugo sang negotiator di berbagai belahan dunia untuk penyelesaikan konflik yang dipesan oleh kliennya, seperti negosiasi penyandraan, pengembalian harta pusaka atau bahkan pemecahan konflik keagamaan. Komik ini terbilang komik triller seperti komik “Monster” atau karya Urusawa Naoki lainnya. Dan merupakan konsumsi dari pembaca dewasa.

Ceritanya tentang Yugo, seorang Jepang yang ahli dalam melakukan negosiasi, single fighter dalam memecahkan kasus rumit karena selalu mempertimbangkan untuk meminimalisir korban. Menjadi cukup berbeda dengan komik-komik manga Jepang yang lain, yang tema besarnya lebih pada cerita silat atau pertarungan bersenjata atau cerita detektif, cerita ini merupakan cerita tentang pertarungan siasat. Banyak trik-trik unik yang dimuat di sini. Cerita komik ini tampak cerdas dan kompleks. Saya sendiri terkadang tidak dapat melepaskan komik ini sampai selesai satu buku karena menariknya cerita.

Kekuatan utama dari Yugo dalam memecahkan kasus adalah kekerasan hati dan ketabahannya dalam meladeni interogasi. Daya tahan secara fisik & psikologis Yugo merupakan asset utama dalam memperlancar negosiasi karena terkadang apabila Yugo tertangkap oleh pihak musuh, maka interogasi yang dilakukan menggunakan kekejaman fisik dan psikologis yang terkadang diluar logika. Selain itu keberhasilannya juga dikarenakan ia mempersiapkan secara mendetail trik-trik yang mesti dipakai, teknis dan mendetail dalam menghubungi pihak-pihak yang berkompeten untuk membantunya menyelesaikan kasus. Selain beberapa keberuntungan, siasat Yugo merupakan pemecahan masalah yang tidak terduga-duga dan tidak terpikirkan oleh pembaca sebelumnya.

Disamping jalan cerita, gambar visual dari komik ini juga digarap secara baik dan indah. Satu hal menarik lainnya adalah komik ini adalah komik riset. Pengarang tampaknya melakukan perjalanan riset ke tiap-tiap lokasi yang melatar belakangi cerita. Kadang aliran cerita yang menjadi bahan cerita menyangkut peristiwa-peristiwa sensitif yang terjadi di dunia, karena itu, walau cuma komik tetapi tetap saja mesti memakai data yang akurat. Tempat-tempat yang diambil berbagai macam dan merupakan lokasi kasus internasional, seperti berkaitan dengan IRA di Irlandia utara, mafia di Hongkong, terorisme di Turki dan Afghanistan, agen rahasia di Moskow, sampai HSA di India.

Sedikit kelemahan dari komik ini adalah, tokoh utamanya yang bernama lengkap Yugo Beppu merupakan tokoh super hero. Manusia yang luar biasa, kalau kata teman saya “James Bond” banget. Apapun itu komik ini layak dibaca, karena selain menghibur juga menambah wawasan tentang wilayah dunia, sejarah dan konflik-konflik pentingnya.

Data komik yang direview:
Judul: Yugo, The Negotiator
Pengarang : Shu Akana (art), Shinji Makari (story)
Tahun terbit : Indonesia 2008, Jepang 1999
Penerbit : Level Comics, PT Elex Media Komputindo
Level pembaca : Dewasa