10/05/2008

Blog Artis dan Selebritis Blogger Indonesia

Istilah “seleb blogger” itu memang sudah lama beredar di dunia Internet. Mau tak mau kita harus mengatakan mereka-meraka yang blogger seleb ini adalah blogger yang sebelumnya eksistensi kemanusiaannya belum terlalu populer (di dunia nyata) dan kemudian terkenal di dunia internet sebagai blogger. Karakteristik yang ditunjukkan adalah, content posting yang ditulisnya menjadi buah bibir (menarik atau kontroversial), menyebabkan banyaknya jumlah komentar yang masuk ke articel comment’s dan perlu diketahui komentar ini bisa jadi juga merupakan tulisan balasan (track back, tanggapan dan sebagainya) di blog lain, sehingga jumlah traffic naik, back link dari situs/blog lain semakin banyak. Dan semakin populerlah ia sehingga orang-orang atau suatu komunitas maya menyebutnya sebagai seleb blogger. Menjadi seleb blogger butuh proses.

Lain halnya dengan seleb yang ngeblog, seleb yang ngeblog ini rata-rata adalah orang-orang yang lebih dahulu terkenal melalui media lain (biasanya melalui layar kaca) dan kemudian ikutan ngeblog dengan beberapa alasan. Tetapi jangan salah, isi suatu blog itu sangat mencerminkan individualitas dari pemiliknya. Bahasa tulis berbeda dari bahasa verbal, sering kali isi otak dan hati seseorang terpancar jelas dari tulisannya. Makanya, para seleb yang ngeblog ini rata-rata punya kadar intelektualitas terbilang lumayan.

Ada beberapa generasi kelahiran seleb yang ngeblog ini (untuk membedakan dari “blogger seleb”). Dedengkot blogger seperti Wimar Witoelar memulai karier bloggernya hampir satu dasa yang lalu, kemudian “artis penulis” seperti Fira Basuki dan Dewi Lestari dan kemudian memasuki era baru dengan nama-nama beken seperti Sandra Dewi dan Dian Sastro dan Maia Estinanti. Saya tak tahu dengan sejarah “seleb yang ngeblog” senior, tapi kalo yang baru-baru ini, awal ngeblog udah dibanjiri komentar bajibun.

Dewi Lestari
Dewi Lestari awalnya merupakan seorang penyanyi yang terkenal dengan group RSD (Rida Sita Dewi) di era 90’an. Setelah sukses dalam dunia tarik suara, beliau menulis novel Supernova, sastra yang diusungnya termasuk sastra kontemporer-transenden. Awalnya memang karya ini ditujukan untuk kalangan terbatas, didistribusikan dengan kualitas kertas buram dan dijual secara indie, tetapi ternyata karya ini banyak diminati dan menjadi sebuah industri. Dee yang merupakan nick namanya terkenal luas sebelum identitas aslinya terpublikasikan. Selanjutnya ia menyusun buku sekuelnya: Petir dan Akar, serta satu buku kumpulan cerita: filosopi kopi. Supernova sebelumnya juga pernah dinominasikan dalam KLA Awards. Sekarang ia menulis “Perahu Kertas” yang didistribusikan dengan format digital bekerja sama dengan salah satu vendor Telekomunikasi. Tulisan-tulisan diblognya cukup tajam, banyak mencermati masalah lingkungan dan aspek sosial kemasyarakatan.

Fira Basuki
Fira Basuki adalah seorang penghuni multiply. Dia adalah seorang penulis muda yang terbilang sukses. Menulis novel-novel yang populer dimasanya, seperti trilogi Pintu, Atap, Jendela, juga Chixlite seperti Mrs.B series. Buku-bukunya terkenal perpaduan antara cara pandang tradisional (banyak membahas mistik dan klenik) dengan modernitas (sex, metrolive Cs).
Dunia tulis menulis bukan merupakan dunia yang asing baginya karena selain penulis novel, ia bekerja sebagai Chief Editor majalah wanita di Indonesia, Majalah Cosmopolitan Indonesia yang merupakan majalah wanita bulanan dengan sirkulasi terbesar di Indonesia, yaitu 139 ribu eksemplar. . Dan diblognya yang merah menyala itu diceritakannya berbagai suka-duka sebagai penulis serta kehidupan pribadinya yang penuh aktifitas kesibukan.

Wulan Guritno
“Mata…, Telinga, Kepala Dan Hati….,” Wulan Guritno. Yah, berbanggalah para pengguna blogspot, karena cewek cantik satu ini juga menggunakan fasilitas blogspot untuk media menulis artikelnya. Tapi, tunggu dulu, cewek cantik ini gak asal mbacot, ia mengaku menulis menggunakan mata, telinga, kepala dan hatinya!! Main hati, kata Andra and the backbone. Mengapa? Itu dapat anda perhatikan sendiri melalui statementnya, “Karena hobby adventuring, he..he.., seeing places and capturing segala sesuatunya dari segala aspek, whats going on, whats happening, pokoknya wants to know banget deh, he.. he..”
Ya, di blognya cewe’ yang satu ini bercerita tentang pengalamannya bekerja, di banyak daerah seperti, Bukit Tinggi, Makasar, Singapura, Bali, dll. Enak ya jadi artis: kerja, jalan-jalan dan dapat duit…. Dalam satu paket.

Wimar Witoelar
Wimar Witoelar ini terkenal sebagai seleb politik tanah air. Parodi-parodi politiknya menyentil, dan pernah dibaned dari satu acara di di JacTV pernah dilarang tayang. Kini aktif di acara pagi ANTV, so anda mesti bangun pagi untuk menonton acaranya.
Wimar Witoelar termasuk dedengkot blogger bersama Priyadi dan Endah Nasution, karena sudah mulai ngeblog sejak tahun 1996. Karena ia memang seorang kritikus di bidang politik maka tentu saja di Perspektif.net, blognya, ia menulis tentang perspektifnya mengenai politik dan masalah-masalah di tanah air, dalam dua bahasa. Blognya memang sudah ngetop banget, di indonesia matter blognya menempati posisi nomer enam.

Maia Estinati
Siapa yang tak kenal dia? Artis, suami artis (masih, tapi mau cerai), teman dari artis dan punya anak artis juga. Dia memulai ngeblog sejak 2 Februari lalu. Isi blognya: Curahan Hati. Dan masih ingat pelecehan atau hinaan atau keceplosan atau apalah kita menyebutnya dari Ahmad Dhani ke komunitas dunia maya, menyebut netter itu pengecut? Tampaknya sebutan ini ditujukannya kepada istrinya ini. Ahmad Dhani kan musuhan sama -istrinya- sendiri. Akibat si bini ini ikutan buat blog, dibilangnya blogger itu pengecut.
Dan yang sangat mengejutkan, saya mencatat ada 977 komentar pada tulisannya yang berjudul “Hikmah Dibalik Cobaanku” dan ada 1912 komentar pada tulisannya “Fitnah Yang Keji”. Dan saya kira baru kali ini saya melihat ada blog yang menuai komentar sebanyak itu.
Ada yang bisa menyaingi? Saya kira ada, seandarinya saja Mr. Master Ahmad Dhani mau ikutan ngeblog. Masak kalah sama istri (hampir mantan) sendiri…

Dian Sastro
Awal Februari lalu dunia netter digemparkan dengan kemunculan gadis yang satu ini. Dian Sastro Wardoyo, selama ini kita kenal sebagai pemeran Cinta dalam film AADC, ikutan ngeblog. Banyak sekali blog-blog lain yang ikut mengomentari kehadiran gadis cantik yang satu ini.
Sebenarnya, tentu saja memang sudah sepantasnya Dian Sastro menulis blog, untuk mengungkapkan pandangan-pandangannya karena Dian Sastro ini selain dikenal luas sebagai artis juga merupakan sarjana Filsafat jebolan Universitas Indonesia. Nama besar UI dan juga bidang filsafat itu mungkin salah satu yang menyeretnya ke dunia kepenulisan. Bukankah filsafat kita kenal sebagai sosok pemikir, perenung dan problem solver bagi masalah mendasar manusia dalam kehidupan?

Sandra Dewi
Sandra Dewi adalah artis yang ngeblog yang paling mutahir. Awal masuk ke blognya langsung disuguhi dengan foto ukuran fasfotonya yang cantik dan tampak seksi itu.
Cukup mengejutkan karena sebelum menjadi blogger dia sempat digosipkan berfose bugil di internet, ada yang “kreatif” mengedit fotonya hingga tampak bugil. Dan ternyata foto-foto bugil Sandra Dewi yang bertebaran di internet itu dibuktikan fake oleh Roy Suryo yang dianggap sebagian orang sebagsai pakar telematika. Apakah anda heran kalo Sandra Dewi yang lugu, imut dan lucu itu bisa tampil bugil? Tunggu dulu…, bugil sih enggak, tapi Sandra Dewi ini pernah tampil sexy di sebuah majalah dewasa. Ternyata cukup berani ini cewek.
Kembali ke blognya, ternyata ia tidak kapok dengan dunia maya, bukannya menjauhi tetapi ia bahkan ikutan menjadi anggota komunitasnya. Gaya kepenulisannya chix banget, polos, lugu hampir seperti komentar-komentarnya yang kita saksikan di layar kaca, di insert, iGosip, WasWas, kabarkabari, Kroscek dll. Bayangkan, dia terharu pada komentar–komentar yang masuk ke blognya… Pengakuannya di Kompas, dia membuat blog yang bekerja sama dengan Kompas dan Seleb.net ini adalah untuk menjalin komunikasi dua arah dengan fans-fansnya. Selamat Datang Sandra Dewi.

Begitulah, ada yang ngeblog dulu baru menjadi seleb dan ada juga yang nyeleb dulu baru jadi blogger. Mereka terkenal sebagai seleb blogger, blogger seleb, atau seleb yang ngeblog. Entahlah. Tapi yang jelas semuanya tetap satu: Blogger.

Update:Anda dapat juga mencari di Blog Detik karena blog itu tampaknya bekerja sama dengan para artis, banyak nama-nama beken di sana.